apk Blender

assalamualaikum wr wb

disini saya akan memnberikan ilmu tentang aplikasi blender


ANIMASI PADA BLENDER

---Pengertian 

Blender merupakan OSS (Open Source SOftware) atau istilah lainnya software yang dapat di gunakan di berbagai macam OS (Operating System). Ini digunakan untuk dikembangkan secara komersial, tetapi sekarang dirilis di bawah GPL (GNU General Public License).

blender_layout

Untuk spekifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana

Intel pentium III atau lebih/ AMD dsbg
Ram 64Mb
VGA 4Mb
Disk Space 35Mb
Windows 2000 dan lebih, Linux.
Target di profesional media dan seniman, Blender dapat digunakan untuk membuat visualisasi 3D, stills serta siaran dan video berkualitas bioskop, sedangkan penggabungan mesin 3D real-time memungkinkan penciptaan konten 3D interaktif untuk pemutaran yang berdiri sendiri. Blender memiliki berbagai macam kegunaan termasuk pemodelan, menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear, scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.

Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:

Microsoft Windows
Mac OS X
Linux
IRIX
Solaris
NetBSD
FreeBSD
OpenBSD.
Perangkat lunak ini berlisensi GPL (GNU General Public License) dan kemudian kode sumbernya tersedia dan dapat diambil siapa


---Menu Menu dan fungsinya


Fungsi Mouse di Blender :
(*) scrool  ~ melihat posisi object (ditekan, tahan, dan gerakan)
                ~ zoom in/out (di putar)

(*) klik kanan : ~ mengeblok object
                ~ memindah object

(*) klik kiri : ~ memilih menu

Shortcut :

A : selec object
S : skala
Ctrl+tab : face
R : rotasi
Z : sumbu Z
X : sumbu X
Y : sumbu Y

Menu file :

New : membuat lembar kerja baru.
Open : membuka lembar kerja baru.
Save As : menyimpan lembar kerja baru.
Import : membuka file dari aplikasi lain.
Export : membuka file ke aplikasi lain.

Menu Render

(F12) render image : menampilkan lembar kerja dalam bentuk gambar.
(Ctrl+F12) render animation : menampilkan lembar kerja dalam bentuk animasi.
(Ctrl+F11) render animasi : menjalankan animasi.

Menu Tools :

(R) rotate : memutar objek.
(S) skala : memperbesar (iklan objek)
(Shift+D) duplicate : memperbanyak objek.
(X) delete : menghapus.
Menu creat : membuka objek.

(*) Header
                Menu utama blender yang terdiri atas File, add, Render, dan Help.
(*) Viewport
                Tampilan yang terdiri dari objec 3D atas objec lainya.
(*) Toolbar
                Terdiri atas daftar tools yang memiliki sifat dinamis menurut objecnya.
(*) Outliner
                Struktur data dari objec pada blender.
(*) Properties
                Panel yang memuat berbagi macam perintah untuk memodifikasi objec atau animasi dan bersifat dinamis mengikuti objec atau tools yang sedang aktif.
(*) Timeline
                Instruksi yang terkait dengan Frame anime atau sequencer.



---Cara membuat animasi sederhana menggunakan plikasi blender

  1. Pertama buka aplikasi blender terlebih dahulu ,lalu di menu atas klik Blender Render dan ubah ke Cycles Render.1
  2. Setelah mengubahnya ke Cycles Render kita akan membuat water container-nya terlebih dahulu. Karna saya ingin membuat container pada air mancurnya berbentuk lingkaran maka saya hapus terlebih dahulu kubusnya dengan cara klik X pada kubus yang ada lalu klik Shift+A dan pilih Circle pada Mesh untuk membuat lingkarannya.1
  3. Klik lingaran yang sudah kita buat lalu tekan Tab untuk mengubahnya ke Edit Mode dan klik F untuk menambahkan permukaan setelah itu klik Tab lagi untuk mengembalikannya ke Object Mode.1,52
  4. Lalu klik S untuk memperbesar lingkaran dan geser mouse anda sesuaikan dengan ukuran yang anda mau.3
  5. Setelah itu pilih Object Modifiers yang ada disamping kanan atas dan pilih Solidify Modifier, atur Thicknes pada 0,1 lalu klik Apply.45
  6. Lalu klik Tab untuk pindah ke Edit Mode lalu pilih Face Select dan klik kanan pada lingkaran lalu klik X dan pilih Only Faces untuk menghapus permukaan atas dan klik Tab lagi untuk kembali ke Object Mode.67
  7. setelah itu klik kembali Object Modifiers yang ada di samping kanan atas lalu pilih Solidify Modifier atur thicknes pada 0.8 lalu klik Apply.910
  8. Sekarang kita akan membuat obstacle yang lainnya. Klik shift+A pilih Mesh lalu pilih Cylinder dan tempatkan ditengah-tengah lingkaran yang sudah kita buat lalu sesuaikan ukurannya dengan yang kalian mau dengan cara tekan S lalu tekan Z.1112
  9. Lalu bikin satu lagi cylinder diatas cylinder yang kita buat dan kita hilangkan permukaan atasnya dengan cara yang sama sebelumnya. Setelah itu kita buat lingkaran kecil untuk inflownya, kita letakkan didalam cylinder yang ke-2. Sesuaikan besar lingkarannya dengan lubang cylinder. Dengan itu tempat untuk Air Mancur sudah terbentuk.131415.5
  10. Langkah selanjutnya yang harus kita buat adalah water containernya. Pertama kita buat lagi satu lalu lebarkan cylindernya sampai menutupi tempat Air Mancurnya dengan cara klik S. Lalu kita sesuaikan ukurannya klik Z terlebih dahulu untuk membuatnya transparant setelah itu klik G+Z untuk menggerakkannya ke sumbu Z lalu S+Z untuk memperbesarnya ke sumbu Z dan kalian tinggal mengatur ukurannya supaya sesuai dengan tempat Air Mancur yang kita buat . Lalu klik Z kembali untuk membuatnya tidak transparant.151617.png18
  11. Setelah itu kita ubah bentuk water containernya ke bentuk Wire. Klik Object pada samping kanan atas lalu di Display ganti maximun draw typenya menjadi Wire.19
  12. Langkah selanjutnya adalah membuat aliran airnya. Pertama pilih lingkaran besar yang pertama kita buat lalu pilih Physics pada samping kanan atas lalu pilih fluid setelah itu ganti Type dan volume initialization menjadi Obstacle dan Shell. Lalukan cara ini pada Cylinder-1 dan Cylinder-2. Lalu pada lingkaran kecil ditengah Cylinder-2 lakukan hal yang sama tapi ganti Typenya menjadi Inflow untuk tempat keluarnya aliran airnya dan pada Inflow Velocity ubah Z nya menjadi 1 supaya airnya keluar pada sumbu Z. Lalu pada water containernya pada fluid pilih typenya Domain setelah itu ganti Resolution Final 150 dan Previewnya 100 lalu pilih dimana tempat kalian akan menyimpan renderan fluidnya dan klik bake. Tunggu selama beberapa menit/jam dan kita telah selesai membuat Aliran Airnya.20212223
  13. Setelah itu kita akan membuat dinding. Shift+A pilih Mesh lalu pilih Plane lalu arahkan ke pinggir tempat air mancur klik R+X lalu ketik 90 untuk memutarnya ke 90 derajat. Setelah itu lebarkan dengan klik S untuk membuat nya berbentuk dinding klik Tab lalu pilih Edge Select dan pilih ujung tepinya lalu klik shift untuk memilih tepi yang kedua dan tekan E+Y lalu panjangkan. Lalu kita sesuaikan tempat Air Mancur. Note : Dinding ini hanya dekorasi tambahan kalian bisa kreasi dinding ini sesuai yang kalian mau.24252627
  14. Selajutnya yang kita lakukan adalah pewarnaan. Klik object yang akan diberi warna lalu pilih Material pada samping kanan atas dan klik new lalu klik Color dan pilih warna yang sesuai dengan yang kalian suka.Untuk Airnya ganti surface menjadi Glass BSDF.282930
  15. Selanjutnya kita tinggal atur pencahayaan dan Kamera sesuai dengan yang kalian mau. Klik numpad 0 untuk ke kamera lalu tekan F untuk menggerakkannya dengan tombol W/A/S/D. Untuk pencahayaan klik object yang seperti tongkat dengan lingkaran hitam diatasnya lalu pilih Data disamping kanan atas dan pilih Sun pada Lamp. Untuk melihat preview yang akan anda render kili Shift+Z.3231
  16. Setelah itu kalian bisa lansung merender Animasi kalian.airmancur0250
dan jadi nya akan seperti ini




sekian ilmu dari saya

wassalamualaikum wr wb


Posting Komentar

0 Komentar